7

Servis Turbin – Secara umum pemanfaatan gas alam dibagi atas 3 kelompok :

1.Gas alam sebagai bahan bakar, sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap, bahan bakar industri ringan, menengah dan berat, bahan bakar kendaraan bermotor, sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga hotel, restoran.

2.Gas alam sebagai bahan baku, antara lain bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol, bahan baku plastik seperti LDPE, LLDPE, HDPE, PE, PVC, C3 dan C4-nya untuk LPG, CO2-nya untuk soft drink, dry ice pengawet makanan, hujan buatan, industri besi tuang, pengelasan dan bahan pemadam api ringan.

3.Gas alam sebagai komoditas energi untuk ekspor, berupa Liquefied Natural Gas

Servis Turbin – Metode penyimpanan gas alam dilakukan dengan Natural Gas Underground Storage, suatu ruangan raksasa di bawah tanah yang disebut “salt dome” berupa kubah di bawah tanah yang terjadi dari reservoir sumber-sumber gas alam yang telah depleted. Hal ini sangat tepat untuk negeri 4 musim. Pada musim panas saat pemakaian gas untuk pemanas jauh berkurang (low demand), gas alam diinjeksi melalui kompresor-kompresor gas kedalam kubah di dalam tanah tersebut. Pada musim dingin, maka kebutuhan yang sangat signifikan, gas alam yang disimpan di dalam kubah bawah tanah dikeluarkan untuk disalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Bagi perusahaan penyedia gas alam, cara ini sangat membantu untuk menjaga stabilitas operasional pasokan gas alam melalui jaringan pipa gas alam.

Servis Turbin – Pada dasarnya sistem transportasi gas alam meliputi :

1.Transportasi melalui pipa salur.

2.Transportasi dalam bentuk Liquefied Natural Gas (LNG) dengan kapal tanker LNG untuk pengangkutan jarak jauh.

3.Transportasi dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG), baik di daratan dengan road tanker maupun dengan kapal tanker CNG di laut, untuk jarak dekat dan menengah (antar pulau)