gtp_135_6_065001_f001

Servis Turbin – Extraction Steam merupakan uap air yang diambil dari stage-stage turbin uap yang digunakan untuk preheating air, maksudnya feedwater sebelum masuk boiler, sistem sealing turbin, sistem sootblower, dan lain sebagainya.

Servis Turbin – Pada jalur pipa extraction steam wajib dipasang check valve untuk mencegah aliran balik dari uap air dan airnya. Sebagai contoh kasus load rejection, aliran balik air yang masuk ke dalam turbin, terutama pada sisi turbin superheater akan menyebabkan diferensial temperatur yang terlalu besar sehingga resiko terjadinya patah (crack) yang mungkin terjadi.

Servis Turbin– Check valve yang digunakan yaitu jenis Swing Check Valve dan Power Assisted Swing Check Valve. Swing Check Valve membuka akibat perbedaan besar tekanan uap air. Dan pada saat terjadi perubahan aliran uap air (seperti saat terjadi load rejection) check valve ini akan menutup akibat dari berat valve itu sendiri. Sedangkan Power Assisted Swing Check Valve menggunakan aktuator tambahan pada saat valve menuju posisi menutup, untuk terbuka valve ini tidak perlu menggunakan aktuator, tetapi terbuka karena perbedaan tekanan dari uap air di pipa tersebut